Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lembaga Ombudsman Swasta Didemo Korban Gempa Bantul

Kompas.com - 11/02/2008, 12:02 WIB

 YOGYAKARTA, SENIN - Ratusan warga korban gempa Kabupaten Bantul, Yogyakarta berunjukrasa di kantor Lembaga Ombudsman swasta (LOS) DIY, Senin. Mereka menuntut pencabutan hasil penelitian lembaga tersebut yang menyatakan bantuan dana rekonstruksi dari Java Reconstruction Fund (JRF) banyak yang salah sasaran.

Mereka menuntut pencabutan hasil penelitian itu karena menyebabkan korban gempa yang belum menerima bantuan dana rekonstruksi sampai saat ini tetap belum menerima bantuan itu, padahal bantuan dana rekonstruksi dari JRF seharusnya turun akhir 2007.

Bantuan dari JRF sebesar Rp20 juta/KK baru turun 40-60 persen dari seluruh warga korban gempa di Kabupaten Bantul.

Menanggapi tuntutan itu, Ketua LOS DIY Budi Wahyuni pada awalnya bersikukuh tidak bersedia mencabut hasil penelitian yang telah dipublikasikan di media massa beberapa waktu lalu.

Mendengar hal itu para pengunjukrasa kemudian melempari kantor LOS dengan berbagai benda bahkan ada yang merobohkan papan nama LOS DIY. Melihat reaksi pengunjukrasa tersebut akhirnya LOS memutuskan mencabut pernyataan dari hasil penelitian itu.

Aksi unjukrasa dengan koordinator Wakidi itu mendapatkan penjagaan dari sejumlah aparat polisi. Saat ini massa berangsur-angsur membubarkan diri.  (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com